Addressing the network - IPv4

Setiap perangkat pada jaringan harus memiliki identifikasi yang unik supaya peerangkat tersebut dapat dikenali. Pada network layer, paket-paket data  komunikasi perlu diidentifikasi pada sumber(source) dan tujuan(destination). Dengan IPv4, ini berarti bahwa setiap paket memiliki alamat 32-bit source address dan 32-bit destination address di header Layer 3.

Pada jaringan alamat ini menggunakan pola binary, didalam perangkat pola binary ini bisa diinterpretasikan menggunakan digital logic tetapi akan sulit apabila digunakan oleh manusia maka alamat dengan pola binary akan di konversi menjadi desimal bertitik dengan masing-masing desimal adalah 8 bit yang disebut oktet. sehingga akan didapat 4 blok angka desimal yang merepresentasikan 8 bit binary yang dipisahkan menggunakan titik.

sebagai contoh alamat dalam binary:
10101100 00010000 00000100 00010100
apabila ditulis menjadi desimal akan menjadi seperti berikut:
172.16.4.20

tabel binary to decimal
2^7 2^6 2^5 2^4 2^3 2^2 2^1 2^0
128 64 32 16 8 4 2 1



Network dan Host
Meskipun 32 bit menentukan alamat host IPv4, kita memiliki sejumlah variabel bit yang disebut sebagai host, yaitu jumlah bit yang digunakan untuk menentukan jumlah host yang bisa kita miliki dalam sebuah jaringan.
- gambar dotted decimal address:
- gambar nettwork address portion
- gambar host address portion 
- gambar octet 
- gambar 32-bit address 
Tipe pengalamatan IPv4
Dalam rentang alamat setiap jaringan IPv4, memiliki tiga jenis alamat:
Network address - Alamat yang merujuk ke jaringan(network). Alamat jaringan merupakan cara standar untuk merujuk ke jaringan. Sebagai contoh, kita bisa merujuk pada jaringan yang ditunjukkan pada gambar sebagai "jaringan 10.0.0.0." Ini adalah cara yang jauh lebih nyaman dan deskriptif untuk merujuk ke jaringan daripada menggunakan istilah seperti "jaringan pertama." Semua host dalam jaringan 10.0.0.0 akan memiliki bit network yang sama.
Dalam rentang alamat IPv4 dari jaringan, alamat terendah disediakan untuk Network address  Alamat ini memiliki nilai 0 untuk setiap bit dari bagian host.
Broadcast address - Sebuah alamat khusus yang digunakan untuk mengirim data ke semua host dalam jaringan. Alamat broadcast IPv4 adalah alamat khusus untuk setiap jaringan yang memungkinkan komunikasi ke semua host di jaringan tersebut. Untuk mengirim data ke semua host di jaringan, tuan rumah dapat mengirim satu paket yang ditujukan ke alamat broadcast dari jaringan.
Alamat broadcast menggunakan alamat tertinggi dalam jangkauan jaringan. Ini adalah alamat di mana bit di bagian host adalah semua 1s. Untuk jaringan 10.0.0.0 dengan 24 bit network, alamat broadcast akan menjadi 10.0.0.255. Alamat ini juga disebut sebagai directed broadcast.

Host addrress - Alamat yang diberikan kepada end-device dalam jaringan. Seperti dijelaskan sebelumnya, setiap end-device memerlukan alamat yang unik untuk menyampaikan paket ke host tersebut. Pada alamat IPv4, ditetapkan nilai antara network dan broadcast adalah merupakan host address.
bagaimana untuk menghitung network - broadcast - host address akan dibahas pada artikel berikutnya..
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati